About

Aceh Film Festival (AFF) pertama kali diadakan pada tahun 2015 yang diinisiasikan oleh Aceh Documentary dan ikut serta beberapa komunitas seni serta komunitas film di Aceh sebagai ajang perayaan dan bentuk apresiasi bagi para penggiat film Aceh, nasional dan Internasional. Selain menjadi tempat yang mempertemukan para pembuat film dengan penontonnya, AFF juga diharapkan menjadi ruang untuk menjadikan film sebagai bagian dari pembelajaran alternatif, yang kritis dan dapat menginspirasi serta mengubah perspektif. Disisi Lain keberadaan ajang AFF juga untuk mendukung kehidupan iklim perfilman Nasional dengan gagasan ke-Acehannya.

Memasuki era globalisasi saat ini, kami yakin dan percaya medium film sebagai salah satu media penyampaian informasi yang sangat efektif dan mudah diterima oleh masyarakat. Sehingga sebuah karya film sudah seharusnya tidak hanya menjadi bentuk ekspresi seni atau hiburan belaka. Namun juga mampu menjadi alat penyampaian dan penyebaran nilai-nilai positif kepada penikmatnya.

Oleh karena itu guna mengembangkan keyakinan tersebut. Tahun ini AFF kembali digelar dengan mengangkat tema “REFLEKSI”. Refleksi yang kami tafsirkan sebagai sebuah bentuk pantulan di luar kesadaran sebagai jawaban suatu hal atau kegiatan yang datang dari luar. Kenyataan sosial kebudayaan yang datang dari berbagai penjuru  akan memunculkan ketegangan sosial sehingga sebuah masyarakat harus memberikan respon balik.

Bahwa pasca Tsunami segala kebudayaan yang datang dari luar menjadikan  Aceh sebagai pusat pertaruhan nilai-nilai baru. Akibatnya terjadi  kerentanan dimana pranata sosial masyarakat Aceh semakin mencair bahkan nyaris hilang. Refleksi akan memberikan sebuah gambaran baru sebagai kekuatan imajinatif masyarakat Aceh untuk melawan dan bertahan di tengah gelanggang produksi wacana kebudayaan baru.

Visualmu adalah gambaran ide yang akan kamu sajikan untuk membangun negeri, karena dari situlah bagaimana kita terlihat dan merubah menjadi yang seharusnya